Ternyata Bisnis Startup Potensi Tumbang, Lho. Kenapa, ya?

Saat ini, di era 4.0, kalangan anak muda sudah banyak yang mengerti tentang teknologi. Dengan pemahaman tersebut, membuat mereka memanfaatkan kecanggihan teknologi untuk mendirikan perusahaan rintisan (startup). Namun, ada satu hal yang kurang diperhatikan oleh mereka saat mendirikan perusahaan startup, sehingga menyebabkan tumbangnya bisnis mereka.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara mengatakan, alasan kenapa bisnis startup bisa tumbang disebabkan oleh belum adanya pemahaman mengenai pasar. “Di Indonesia, banyak yang bisa buat startup, tapi mereka lupa tentang market, pasar,” ujar Rudiantara saat menghadiri acara Bukalapak di Jakarta pada Selasa lalu, (08/10).

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara memberikan alasan kenapa bisnis startup bisa tumbang oleh kominfo.go.id

Menurut Rudiantara, karena tidak benar-benar memahami apakah ada pasar untuk menjual produk mereka serta seberapa besar produk tersebut berpengaruh untuk masyarakat, sehingga menyebabkan banyak startup yang berguguran. “Ada atau tidaknya pasarnya, betul tidak sekian besar pasarnya?” imbuh Rudiantara.

Dengan risiko besar seperti inilah, membuat pemerintah turut aktif meninjau para pendiri startup untuk mendapatkan pelatihan dan pembinaan. Pemerintah yang juga mendorong pertumbuhan perusahaan rintisan (startup) di Indonesia itu mengadakan program Gerakan Nasional 1000 Startup Digital. Gerakan ini merupakan program yang diluncurkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Menkominfo).

Sejarah Peluncuran Gerakan Nasional 1000 Startup Digital by telko
Sejarah Peluncuran Gerakan Nasional 1000 Startup. by telko.id

Dengan program Gerakan Nasional 1000 Startup Digital, startup akan melewati tahap demi tahap yang harus dilalui sebuah perusahaan rintisan, seperti akselerasi dan inkubasi. Jika startup sudah matang, pemerintah memiliki program Next Indonesian Unicorn (NextIcorn) untuk mempertemukan mereka dengan calon investor. (Zul/Yah)

Leave a Reply

Your email address will not be published.