Tingkatkan Kualitas dengan Kurasi Produk

Dalam berbisnis, bukan hanya mementingkan kualitas penjualan agar semakin meningkatnya permintaan pasar. Melainkan juga, masih perlu hal-hal yang harus dipentingkan, yakni kualitas produk. Untuk menjadikan produk yang berkualitas, nyatanya tak semulus yang dibayangkan, ada poin-poin penting untuk menjadikan produk terjamin kualitasnya. Bila poin-poin tersebut tidak diperhatikan, maka akan terjadi permasalahan.

Karena banyaknya permasalahan kualitas produk dari usaha skala UKM di pasar, maka sangat perlu adanya tahapan kurasi dari pihak-pihak terkait. Untuk menjamin produknya, para UMKM ini perlu mendapatkan pembinaan dan kurasi produk sebelum produk dipasarkan. Oleh karena itu, tujuan dilakukannya kurasi produk adalah sebagai pengecekan kualitas sekaligus sebagai solusi-solusi peningkatan kualitas produk jika dibutuhkan, termasuk kualitas kemasan produk.

Berikut kurasi-kurasi yang harus diperlukan untuk menjamin kualitas produk, diantaranya:

  • Kurasi Legalitas Produk
sudah terdaftar di BPOM dan ada logo halal

Masyarakat atau konsumen kini lebih kritis dalam memilih atau melihat sebuah produk, khususnya produk tersebut terdapat sertifikat atau terdapat logo halal. Untuk itulah, para pelaku UMKM harus benar-benar memastikan apakah produk yang mereka jual sudah terdapat surat izin dari dinas kesehatan atau yang dikenal dengan PIRT, atau sudah dapat izin edar dari BPOM. Kurasi legalitas produk inilah salah satu cara untuk mendeteksi apakah produk-produk yang akan dipasarkan layak edar dan masuk ke pangsa pasar.

  • Kurasi Kualitas Kandungan Produk

Kurasi kualitas produk juga harus diperhatikan oleh para pelaku UMKM. Sebagai contoh, untuk para pelaku UMKM di bidang makanan dan minuman, akan sangat diperhatikan kualitasnya apakah layak diedarkan atau tidak. Karena takutnya, terdapat kandungan dan nutrisi yang tidak sesuai, misalnya, makanan dan minuman yang masih menggunakan bahan yang bersifat aditif, sehingga makanan atau minuman tersebut menjadi tidak berkualitas.

  • Kurasi Kemasan Produk
kurasi kemasan produk. foto by kios kurasi

Kemasan menjadi hal yang penting dan utama dalam pemasaran suatu produk. Oleh sebab itu, kurasi kemasan produk menjadi sesuatu yang sangat penting juga. Kemasan harus diperhatikan dari penataan produk dalam kemasan, bahan dasar kemasan, desain atau bentuk kemasan, dan masih banyak lainnya. Hal-hal itulah yang harus menjadi fokus utama sebelum pelaku usaha memulai bisnis usahanya.

Dengan melakukan kurasi terhadap produk, akan membantu menjamin kualitas. Terjaminnya kualitas produk akan meningkatkan kepercayaan pelanggan dalam membeli produk usaha yang dimiliki UMKM. Meningkatnya kepercayaan pelanggan juga tentunya akan membantu meningkatkan penjualan. (Zul/Yah)

Leave a Reply

Your email address will not be published.