Tips Kembangkan Bisnis Lewat Facebook dan Instagram

Perkembangan media sosial bukan lagi soal bagaimana bisa terhubung dengan banyak orang untuk berinteraksi. Melainkan juga, bagaimana media sosial dimanfaatkan di dunia bisnis. Begitu pun di Indonesia, yang telah banyak meraih sukses dari perusahaan besar dalam mengembangkan bisnisnya di media sosial. Media sosial yang paling banyak digunakan untuk berbisnis, diantaranya Facebook dan Instagram.

Penduduk Indonesia sudah memiliki akses internet melalui smartphone dan komputer yang terhubung dengan akses media sosial secara aktif mencapai 57%. Produk yang paling banyak dijual melalui media sosial, diantaranya produk fesyen dan kecantikan, elektronik, makanan, serta peralatan dan perabotan rumah tangga. Dengan banyaknya ragam produk yang ditawarkan di media sosial, berarti tingkat pemasarannya menaik. Hal ini membuktikan bahwa media sosial merupakan salah satu strategi dalam  melebarkan pemasaran, sehingga mengembangkan binis di media sosial merupakan sesuatu yang penting.

Lalu, bagaimana mengembangkan bisnis di media sosial? Berikut cara mengembangkan bisnis di media sosial yang sesuai digunakan oleh para pebisnis.

  1. Facebook
cara mengembangkan bisnis online di halaman bisnis facebook by nduk.indonesia

Sebelumnya, Anda harus memiliki akun Facebook dan memanfaatkan fitur yang tersedia di Facebook. Kemudian, Anda membuat halaman bisnis yang disediakan oleh Facebook. Pembuatannya pun sangat mudah, cukup menggunakan profil pribadi tanpa harus menggunakan akun baru. Manfaat dari akun bisnis ini adalah Anda bisa beriklan, serta bisa melihat data kunjungan.

Agar halaman bisnis Anda menarik untuk dikunjungi, sebaiknya menggunakan foto profil dan cover yang sesuai dengan usaha Anda, seperti foto produk. Fasilitas lain yang harus dimanfaatkan adalah memodifikasi tombol yang bisa diubah sesuai dengan kebutuhan, seperti mencantumkan link chat langsung ke nomor WhatsApp. Tidak hanya memanfaatkan fasilitas, Anda harus membuat konten yang menarik, seperti memanfaatkan foto produk, video saat produksi, cerita di balik produk Anda, dan caption menarik mengenai produk.

Hari terbaik untuk mem-posting di Facebook adalah hari menuju weekend, diantaranya Kamis hingga Minggu, serta waktu yang tepat untuk posting pada pukul 09.00 pagi, 13.00, dan 15.00.

  • Instagram
bisnis online melalui instagram by @nduk.indonesia

Berbeda dengan akun bisnis Facebook, Anda harus membuat akun baru untuk membuat akun bisnis di Instagram. Akun bisnis tersebut harus terhubung dengan halaman bisnis di Facebook, jadi Anda harus memiliki halaman bisnis di Facebook. Setelah memiliki akun bisnis, Anda dapat memanfaatkan bio dengan menulis informasi lengkap, seperti tag lokasi, e-mail, dan nomor telepon agar mudah dihubungi oleh konsumen.

Manfaatkan fitur Insta Story, karena pengguna Instagram lebih sering berinteraksi melalui Insta Story dibanding posting-an biasa. Kemudian, gunakanlah hastag (#) atau tagar pada Instagram sangat bermanfaat dalam kemudahan menjangkau lebih banyak konsumen, sehingga gunakanlah hastag yang relevan dengan produk yang di-posting.

Berbeda dengan Facebook, hari yang tepat untuk mengunggah postingan pada Instagram adalah hari Senin dan Kamis . Waktu yang tepat untuk mengunggah foto adalah pukul 02.00 pagi, 08.00 s.d. 09.00 pagi, dan 17.00.

Penjelasan di atas merupakan tips mengembangkan bisnis online melalui media sosial Facebook dan Instagram. Beriklan juga memengaruhi bisnis Anda, maka aktifkan ADS pada Instagram dan Facebook Anda agar pengguna media sosial tersebut akan terhubung melalui like, comment, dan share oleh followers lainnya. (Andhita/Ita)

Leave a Reply

Your email address will not be published.