Tokopedia, Solusi UMKM Menuju Industri 4.0

Dalam dunia bisnis, UMKM semakin mendominasi dan semakin eksis penyebaran pemasarannya secara luas. Pelaku UMKM yang memiliki produk berorientasi pasar terbuka harus siap memasuki era perekonomian secara digital. Untuk mencapai pemerataan ekonomi secara digital, diperlukan dukungan marketplace berbasis teknologi untuk para UMKM, sehingga tren penjualan produk secara online diharapkan mampu menjawab kebutuhan pasar. Salah satu markeplace yang bisa menjawab permasalahan tersebut adalah Tokopedia.

Tokopedia memiliki bisnis marketplace terdepan di Indonesia by Tokopedia

Tokopedia merupakan perusahaan teknologi Indonesia yang memiliki misi untuk mencapai pemerataan ekonomi secara digital. Tokopedia didirikan pada tahun 2009 dan telah bertransformasi menjadi sebuah unicorn yang berpengaruh, tidak hanya di Indonesia, namun juga di Asia Tenggara. Sejak Tokopedia diluncurkan, layanan dasar Tokopedia dapat digunakan secara gratis. Awwe Tsamma selaku Public Policy and Government Relations Specialist Tokopedia menjelaskan bahwa, layanan Tokopedia sudah bisa dijangkau oleh 97% kecamatan di Indonesia sehingga memberikan peluang yang harus dimanfaatkan secara maksimal oleh para pelaku UMKM.

Awwe Tsamma menambahkan, Tokopedia memiliki bisnis marketplace terdepan di Indonesia yang meyakinkan setiap individu, toko kecil, dan brand untuk membuka dan mengelola toko daring. Hal tersebut, menjadikan Tokopedia  sebagai marketplace yang banyak dikunjungi oleh masyarakat Indonesia.

Tokopedia, Solusi UMKM Menuju Industri 4.0 by Tokopedia

Selain misi, Tokopedia juga memiliki visi, yaitu “Membangun sebuah ekosistem di mana siapa pun bisa memulai dan menemukan apapun”. Jadi, Tokopedia telah memberdayakan jutaan pedagang dan konsumen untuk berpartisipasi terhadap masa depan perekonomian.  Tokopedia secara konsisten mendukung para pelaku UMKM dan perorangan untuk mengembangkan dan memasarkan produk usaha mereka secara daring. Usaha ini juga terlihat dari berbagai program yang dibuat maupun diinisiasi oleh Tokopedia bekerja sama dengan Pemerintah serta beberapa pihak-pihak.

Tokopedia Center memudahkan pengunjung melakukan transaksi secara online-to-online by Tokopedia

Sejak tahun 2018, Tokopedia menghadirkan Tokopedia Center yang diluncurkan di beberapa kota di Indonesia. Melalui Tokopedia Center, pengunjung dapat melakukan transaksi secara online-to-online (O20). Pengunjung dapat membayar tagihan, membeli tiket, mendapatkan informasi mengenai cara menggunakan aplikasi Tokopedia, belanja secara interaktif, hingga mencari inspirasi untuk memulai usaha daring secara gratis. (Laras/Wati)

Leave a Reply

Your email address will not be published.