Ada Batik Pecel di Madiun? Masa Sih?

Kota Madiun yang terletak di Provinsi Jawa Timur memiliki makanan yang terkenal bernama pecel, yakni  makanan dari sayur-mayur dengan ditambahkan bumbu kacang. Tetapi, ada yang unik dari pecel ini, yaitu dijadikan kerajinan yang khas dan unik dengan nama Batik Pecel. Lalu, bagaimana asal-usul Batik Pecel khas Madiun?

Batik Pecel ini merupakan buah kreasi dari salah satu perajin batik Sri Murniati yang memang berasal dari Madiun. Awal pembuatan Batik Pecel memang terinspirasi dari kuliner khas salah satu kota di Jawa Timur tersebut.

Sri Murniati, penggagas batik motif pecel oleh instagram @batikmurnimadiun

Dikenal sebagai ‘Kota Pecel’, kini pecel Madiun tidak hanya dapat dinikmati dengan memakannya tetapi, juga dapat dituangkan ke dalam sebuah mahakarya seni yang memiliki nilai keunikan, serta keaslian produk sejak tahun 2011.

Batik Murni Madiun berasal dari ketertarikan Murni akan batik hingga akhirnya beliau menciptakan ‘Batik Pecel khas Madiun’. Saat ini, Batik Murni Madiun mampu menerima pesanan seragam batik dari kota lain baik dari sebuah institusi, maupun sekolah. Baginya, mengerjakan batik sesuai dengan pesanan, serta pantang menolak adalah motto penyemangat dalam berwirausaha batik.

Batik Murni Madiun mengenalkan motif Batik Pecel yang kini menjadi salah satu produk khas dari Kota Madiun selain brem, pecel, dan lempeng. Inovasi produk terus dilakukan oleh Batik Murni Madiun, yaitu dengan memberikan variasi sayur-mayur yang kerap ada pada nasi pecel. Tertarik dengan Batik Pecel khas Madiun? Kunjungi Galeri Batik Murni Madiun berlokasi di Jalan Halmahera No.21, Kelurahan Oro-Oro Ombo, Kecamatan Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur.

Dari Crafters

Dari Crafters, Noer Ayufika Nulul

Penulis :

Noer Ayufika Nulul

Instagram : @nulul2702

Leave a Reply

Your email address will not be published.