Asyik Liburan Sambil Beli Oleh-Oleh, Yuk!

Jalan-jalan berlibur ke berbagai daerah, tentu saja akan berkesan dengan tempat wisata yang telah dikunjungi. Saat pulang dari tempat tersebut, tak lengkap rasanya tanpa membawa sesuatu dari tempat wisata yang sudah dikunjungi. Tanpa menjinjing buah tangan untuk orang-orang di rumah dan kerabat dekat sebagai kenang-kenangan menjadi tak enak rasanya pulang dengan tangan hampa. Biasanya, saat pulang dari tempat wisata selalu membeli oleh-oleh, berupa makanan, minuman, baju, aneka pernak-pernik kerajinan, dan sebagainya. Setiap daerah memiliki oleh-oleh khas yang bisa Anda beli saat berkunjung ke tempat tersebut.

Berikut IndonesianCraft merangkum oleh-oleh khas dari berbagai daerah, diantaranya:

Oleh-Oleh Khas Malang

Keramik Dinoyo bisa dijadikan sebagai buah tangan untuk Anda jika sedang berkunjung ke Kampung Wisata Keramik Dinoyo. Keunikan keramik ini, terlihat pada corak, desain, dan warna natural, yang digunakan pada sebagian besar produknya. Keramik ini cenderung memiliki motif bunga dan daun dengan warna yang sejuk. Umumnya, keramik ini terbuat dari bahan dasar tanah liat dan porselen.

keramik dinoyo. by merdekadotcom
keramik dinoyo. by merdekadotcom

Oleh-Oleh Khas Bali

Sarung/kain catur Bali ini adalah salah satu ciri khas pakaian Bali. Kain bermotif design dengan model kotak-kotak (ala papan catur) ini, umumnya digunakan oleh masyarakat Bali, terutama biasa digunakan oleh para petugas keamanan desa adat Bali (pecalang). Kain ini juga sering digunakan sebagai kain hiasan interior.

sarung bali. by tokopedia
sarung bali. by tokopedia

Selain oleh-oleh berbentuk  kerajinan, Anda juga bisa memanjakan lidah dengan membeli makanan khas dari kota yang Anda kunjungi, seperti:

Oleh-Oleh Khas Surabaya

Camilan khas Surabaya yang paling banyak digemari adalah Almond Crispy Cheese. Walaupun sedikit berbeda dari camilan khas daerah pada umumnya, tetapi Almond Crispy Cheese ini bertekstur sangat tipis, lembut, dan crispy di mulut. Untuk packaging-nya pun terbilang sangat simpel dan mudah dikenali.

khas surabya by wordpressdotcom
Almond Crispy Cheese khas surabaya by wordpressdotcom

Oleh-Oleh Khas Kalimantan Timur

Kolo atau nasi bakar adalah salah satu makanan khas dari daerah Nusa Tenggara Timur (NTT), khususnya Manggarai. Kolo merupakan  makanan khas yang dimasak menggunakan bambu. Makanan ini paling nikmat dimakan selagi panas atau hangat.

nasi bakar kolo khas kalimantan timur.by breakingnewsdotcom
nasi bakar kolo khas kalimantan timur.by breakingnewsdotcom

Oleh-Oleh Khas Sumatera Barat

Sumatera Barat memang dikenal dengan ragam kulinernya yang beraneka ragam, salah satunya kuliner tradisional, yaitu kue basung. Kue tradisional ini merupakan makanan ringan yang terbuat dari tepung beras, gula merah, santan, air, dan garam. Proses pembuatannya pun terbilang sederhana, yaitu gula merah dilarutkan terlebih dahulu hingga mencair, kemudian dicampur dengan tepung beras, serta sedikit garam. Untuk cetakannya dibuat dari daun pisang berbentuk kerucut, masukkan adonan ke dalamnya, kemudian dikukus hingga matang.

kue basung khas sumatera barat. by Griddotid
kue basung khas sumatera barat. by Griddotid

Untuk Anda yang tengah berlibur ke kota-kota tersebut, jangan lupa membeli dan menikmati oleh-oleh khas tersebut. Anda bisa memberikan oleh-oleh tersebut ke kerabat atau keluarga, yang tentunya bisa dijadikan kenang-kenangan. Semoga ulasan ini bisa dijadikan bahan referensi untuk membeli oleh-oleh saat berkunjung ke kota tersebut. (Dwi/Dyah)

Leave a Reply

Your email address will not be published.