Beli Oleh-Oleh Aneka Kerajinan Jawa Barat, Ada Apa, Ya?

Setiap provinsi di Indonesia memiliki aneka kerajinan tangan khas daerahnya masing-masing. Salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki aneka kerajinan tangan khas adalah Jawa Barat. Jawa Barat yang menaungi berbagai kota seperti Bandung, Garut, Tasikmalaya, Cirebon, dan kota lainnya ini memiliki beragam macam kerajinan khasnya di setiap kotanya. Kerajinan tersebut bisa Anda beli untuk dijadikan oleh-oleh saat berkunjung ke kota-kota tersebut. Berikut kerajinan khas yang ada di wilayah Jawa Barat, antara lain:

Cendera Mata

Payung Geulis khas Tasikmalaya by kerajinanindonesia.id

Hampir seluruh wilayah di Jawa Barat memiliki suvenir yang khas dari kotanya masing-masing. Suvenir khas Jawa Barat yang paling populer adalah payung geulis alias payung cantik. Payung cantik ini digunakan untuk berbagai acara kesenian tradisional khas Jawa Barat. Selain digunakan untuk acara kesenian, payung geulis ini juga digunakan untuk mempercantik dekorasi di suatu ruangan.

Alat Kesenian

kerajinan seni Angklung paling populer di Jawa Barat by wise.travel

Umumnya, alat kesenian di Jawa Barat diciptakan dengan menggunakan material kayu atau bambu. Alat kesenian yang paling populer di Jawa Barat adalah angklung. Salah satu tempat yang memopulerkan alat kesenian angklung, yaitu Saung Angklung Daeng Udjo, Bandung. Selain alat kesenian musik, ada pula kerajinan tangan kesenian lainnya yang dimiliki Jawa Barat, yaitu wayang golek. Wayang golek biasanya ditampilkan dalam acara seni dan dijadikan suvenir khas dari Jawa Barat.

Pakaian

Batik motif Mega Mendung khas kota Cirebon by thepressweek.com

Salah satu mahakarya khas Jawa Barat yang dituangkan ke dalam produk pakaian adalah batik. Jawa Barat memiliki beragam motif batik yang berasal dari berbagai kotanya. Motif batik yang paling populer khas Jawa Barat adalah motif batik Mega Mendung yang berasal dari Cirebon.

Selain kain batik, Jawa Barat juga terkenal dengan pakaian busana muslim. Kota yang mendapat predikat sebagai produsen baju muslim adalah Tasikmalaya. Maka dari itu, Tasikmalaya menjadi produsen busana muslim terkemuka, karena busana muslim Tasikmalaya memiliki hasil bordiran yang menarik. Hal tersebut terbukti dari banyaknya busana muslim dari Tasikmalaya yang dipasarkan ke kota lain, seperti ke Tanah Abang, Jakarta, serta menjadi incaran dari pencinta busana muslim, baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

Sandal dan Sepatu

Cibaduyut merupakan daerah penghasil sepatu paling populer by prelo

Sebagai ibu kota Jawa Barat, Bandung juga memiliki daerah penghasil sepatu yang terkenal, yakni Cibaduyut. Produk sepatu yang dihasilkan di daerah Cibaduyut ini berhasil menembus pasar internasional.

Selain terkenal sebagai daerah penghasil pakaian muslim, Tasikmalaya juga dikenal sebagai daerah penghasil sandal. Salah satu produk sandal khas Tasikmalaya adalah Kelom Geulis.

Perabot dan Peralatan Tradisional

Produk kerajinan bamboo yang menghasilkan berbagai peralatan tradisional yang digunakan sebagai perabotan rumah tangga by amp.oppo.baca.co.d

Jawa Barat juga dikenal sebagai penghasil produk kerajinan bambu yang dijadikan berbagai peralatan tradisional dan perabotan rumah tangga atau peralatan dapur sehari-hari, seperti boboko, hihid, tudung saji dari bambu, berbagai tempat makanan, keranjang, dan berbagai peralatan rumah tangga sehari-hari lainnya.

Untuk Anda yang berkunjung ke kota-kota di wilayah Jawa Barat dan bingung ingin membeli oleh-oleh, ulasan ini bisa Anda jadikan referensi untuk membeli aneka kerajinan yang tersebar di kota-kota di Jawa Barat. Nikmati liburan Anda sambil beli aneka kerajinan yang memanjakan.

(Laras/Wati)

Leave a Reply

Your email address will not be published.