Hore! Indonesia Naik Dua Peringkat di Sektor Pariwisata Dunia

Indeks daya saing pariwisata Indonesia versi World Economic Forum (WEF) naik dua peringkat. Hal ini disampaikan oleh Menteri Pariwisata (Menpar), Arief Yahya yang mengatakan, lembaga dunia tersebut menaikkan dua posisi Indonesia dalam kategori Travel and Tourism Competitiveness Index (TTCI) pada 2019.

“Saya merasa senang sekali, setelah sebelumnya di posisi ke-42 menjadi ke-40 dari 140 negara,” ujar Arief. Kenaikan ini menjadi momen berkesan bagi Arief selaku Menpar, mengingat persaingan pariwisata global yang dinilainya sangat ketat.

Raja ampat menjadi salah satu destinasi wisata favorit wisatawan. by: 123rf

Sebelumnya di tahun 2013 hingga 2014, Indonesia peringkat ke-70 di dunia, kemudian naik ke posisi 50 pada 2015, lalu pada 2017 peringkat ke-42, dan di tahun ini naik peringkat ke-40. Dalam peringkat baru tersebut, untuk kawasan Asean, Singapura turun 5 peringkat menjadi posisi ke-17 dunia, Malaysia juga turun 3 peringkat menjadi posisi ke-26. Sementara itu, Thailand naik 3 tingkat menjadi ke-31 dan posisi ke-63 ditempati Vietnam yang naik 4 peringkat. Indikator penilaiannya pun sesuai data pertimbangan TTCI yang diambil dari berbagai sumber. Untuk kedepannya, Menpar berharap Indonesia berada di posisi 30 besar dunia. “Kami akan terus berusaha membuat semua pilar berjalan semakin baik,” tutup Menpar.

Candi Borobudur di dominasi oleh wisatawan asing. by:123rf

(Saras/Ita)

Leave a Reply

Your email address will not be published.