Ini Dia Aneka Topeng Jawa yang Wajib Anda Ketahui

Topeng memiliki peranan penting dalam berbagai sisi kehidupan yang di dalamnya juga terdapat nilai-nilai magis. Hal tersebut, karena topeng memiliki simbol khusus dalam berbagai upacara kegiatan adat. Namun, saat ini kehidupan masyarakat modern menempatkan topeng sebagai salah satu bentuk karya seni. Begitu pun di Indonesia yang mempunyai aneka ragam topeng dari setiap daerah, khususnya Jawa.

Topeng di Indonesia sudah ada sejak zaman prasejarah. Sebagian besar topeng digunakan dalam seni tari topeng yang menjadi bagian dari upacara adat atau cerita dari para leluhur. Beberapa topeng di Indonesia pun digunakan sebagai hiasan di dalam rumah atau di luar. Berikut merupakan kerajinan topeng dari berbagai daerah yang ada di Jawa.

  • Topeng Cirebon
topeng cirebon dengan cepat mengalami transformasi by twitter @Topeng_cirebon

Awalnya, topeng Cirebon berpusat di keraton-keraton saja. Namun, kini tersebar di lingkungan rakyat petani pedesaan, sehingga topeng Cirebon cepat mengalami transformasi. Proses tranformasi tersebut berakhir dengan berkembangnya berbagai aneka topeng Cirebon, seperti Losari, Selangit, Kreo, Palimanan serta perkembangannya di pelosok-pelosok kecamatan antara lain  Klangenan, Plumbon serta Arjawinangun.

Sedangkan, di Kota Cirebon sendiri sudah tergeserkan oleh kesenian yang lebih modern.  Tetapi, masih terlihat adanya budaya keraton yang mengajarkan adab kebangsawan dalam pementasannya yang dipadukan dengan budaya rakyat.

  • Topeng Jogja
kerajinan topeng desa Bobung by Farid Ismed

Topeng Jogja digunakan ketika pementasan budaya, seperti pagelaran Wayang Wong yang diciptakan oleh Hamengkubawana pada tahun 1755-1792. Digelar untuk mengekspresikan karakter gerak tari tokoh wayang, yaitu peran kera dan raksasa di pentas Ramayana maupun Mahabrata. Pemainnya sendiri menggunakan topeng, tetapi untuk Satria dan wanita tidak mengenakan topeng.

Lain halnya pementasan Wayang Orang Gedog Punakawan Pentul dan Temben, yang mengenakan topeng separuh muka sehingga dapat berdialog tanpa mengangkat topeng. Selain itu, dengan pementasan Cerita Panji, para pemainnya mengenakan topeng dengan cara agak direnggangkan sedikit.

  • Topeng Malang
kerajinan topeng malang by ulinulin(dot)com

Topeng Malang terdapat di pementasan Wayang Gedong yang dalam pertunjukannya menggunakan topeng. Dalam perkembangannya, di Kedungmoro dan Polowijen, Kecamatan Blimbing, Malang, dikenal dengan sebutan Topeng Jabung. Para penari mengenakan topeng dan menari sesuai karakter yang dimainkan.

Mbah Karimun bersama istrinya, Siti Maryam, melatih anak kecil di lingkungannya untuk belajar membuat Topeng Malang dari Topeng Malangan. Demikian pula, Mbah Karimun dengan tekun memahat dan mengukir untuk membuat topeng. Ketekunan terhadap tradisi topeng memberikan contoh aneka ragam tari topeng Malangan versi Jabung. (Zul/Dyah)

Leave a Reply

Your email address will not be published.