Inilah Peluang Bisnis Kerajinan Tangan yang Bisa Anda Pilih

Begitu banyak orang dari berbagai kalangan yang memiliki kemampuan untuk membuat suatu kerajinan tangan. Crafting atau kerajinan tangan merupakan jenis karya seni yang ternyata bukan hanya sekadar hobi belaka. Dengan hobi membuat kerajinan tangan yang unik, ternyata bisa menjadi ladang bisnis dan bisa menghasilkan uang.

Nyatanya, kerajinan tangan memang memiliki peluang bisnis yang besar. Karena hasil karyanya bukan buatan pabrik yang desainnya monoton itu-itu saja, ada banyak orang yang ingin mendapatkan produk-produk kerajinan tangan yang unik sehingga produk ini banyak dicari. Salah satu kendala untuk membuat bisnis kerajinan tangan adalah modalnya yang tidak murah, bahan-bahan yang dibutuhkan pun juga belum tersedia di banyak toko.

Meskipun begitu, menjadikan hobi ini sebagai penghasilan tambahan merupakan ide cemerlang bagi Anda yang ingin mengubah hobinya menjadi sebuah bisnis. Berikut merupakan ide kerajinan tangan yang bisa menjadi peluangan bisnis Anda.

  • Clay
Tanah liat bisa dibentuk menjadi vas, piring, gelas, serta dekorasi rumah by dkdesignshawaii.com (1)

Clay atau tanah liat bisa dibentuk menjadi piring, gelas hingga vas bunga. Selain itu, Anda juga bisa membentuknya menjadi miniatur atau hiasan menarik lainnya untuk di rumah. Salah satu keberhasilan untuk membuat kerajinan tangan ini adalah dibutuhkan ketekunan yang ekstra.

  • Aksesoris dari Manik-Manik
Manik-manik dibuat menjadi kalung, gelang, anting, dan gantungan kunci by hotsalestore.yourej.com

Kerajinan tangan aksesoris dari manik-manik bisa menjadi pilihan, Anda bisa membeli beragam manik-manik sebagai bahan di toko khusus kerajinan tangan secara online maupun offline. Dari manik-manik tersebut, tidak hanya kalung dan gelang yang bisa Anda ciptakan. Tetapi Anda juga bisa membuat anting, hiasan rambut, dan gantungan kunci yang unik.

  • Patchwork
kerajinan tangan dari kain perca by cmsassets.mybluprint.com

Kerajinan tangan kain perca juga bisa diajarkan kepada murid-murid di beberapa sekolah. Keterampilan khusus ini tidak hanya melatih kesabaran, namun juga melatih kemampuan untuk menciptakan pola yang unik. Tentunya, keterampilan dan kreativitas anda juga bisa diasah menjadi lebih baik lagi.

  • Cross Stitch

Anda tidak suka menjahit? Anda mungkin lebih tertarik dengan cross stich atau kruistik. Memiliki hobi kerajinan tangan yang satu ini membutuhkan kesabaran ekstra dan kemampuan yang bisa Anda dapatkan dengan cara sering berlatih. Biasanya, kruistik tidak dijual dengan harga yang murah karena hasil karya tersebut berukuran besar. Ditambah lagi, kerajinan tangan ini membutuhkan kemampuan tingkat menengah ke atas untuk bisa menghasilkan karya yang rapi. Saking istimewanya, kruistik kerap disebut sebagai hobi melukis dengan benang dan karya-karyanya kerap dipamerkan di berbagai galeri.

Begitulah ulasan-ulasan mengenai kerajinan tangan yang bisa menjadi peluang bisnis Anda. Semua kerajinan tersebut harus membutuhkan ketelatenan dan kesabaran yang ekstra untuk mendapatkan hasil yang optimal. Jadi, bisnis kerajinan tangan seperti apa yang akan Anda pilih?

(Mul/Ita)

Leave a Reply

Your email address will not be published.