Kerajinan Tangan Khas Bangka Belitung Bisa Dijadikan Oleh-Oleh

Bangka Belitung merupakan daerah yang kaya akan destinasi. Beberapa destinasi di Belitung menjadi unggulan yang menarik bagi wisatawan lokal dan mancanegara. Didukung dengan pemandangan alamnya yang indah, membuat para wisatawan semakin merasa dimanjakan oleh keasrian Belitung. Selain pemandangan alamnya yang indah, Belitung juga memiliki kerajinan tangan yang khas. Kerajinan tangan ini bisa Anda dapatkan untuk dijadikan cendera mata saat berkunjung ke kawasan ini.

Dengan berbagai macam kerajinan tangan yang tersebar di wilayahnya, berikut kekhasan kerajinan tangan di setiap daerah di Belitung, diantaranya:

  • Pewter
kerajinan timah dari Bangka Belitung by produkkerajinantanganindonesia

Bangka Belitung memiliki kerajinan tangan yang terbuat dari olahan biji dan pasir timah, yakni Pewter. Olahan biji dan pasir timah tersebut akan dibentuk menjadi produk yang memiliki nilai seni yang tinggi. Sebuah karya unik dan ukiran yang bernilai seni tinggi ini ditawarkan ke dalam bentuk cendera mata yang terbuat dari perak seperti perahu layar, cincin, kalung, gelang, dan hiasan lainnya.

  • Kerajinan Kerang
kerajinan kerang khas Belitung by taskudankamu.com

Terkenal dengan kekayaan lautnya, Belitung pun memanfaatkannya untuk membuat kerajinan kerang sehingga Belitung terkenal akan kerajinan kerangnya. Cendera mata tersebut dibuat dari cangkang kerang yang dibentuk dan dihias untuk menyerupai hewan lainnya. Bentuk hewan yang sering ditemukan, diantaranya penyu, kuda, serta burung.

  • Satam
kerajinan dari batu satam by medcom.id

Satam merupakan cendera mata khas Belitung yang dibentuk dari batu satam. Bentuk dan warna batu satam tersebut adalah hitam dan bulat. Konon, batu satam merupakan hasil tabrakan meteor yang terkubur di muka bumi. Maka dari itu, para penduduk Belitung memanfaatkan batu satam ini untuk dijadikan sebuah cincin satam.

  • Sumpet
kerajinan sumpet by bangkanese.com

Sumpet merupakan kerajinan tangan dengan menggunakan tumbuhan sebagai bahan utamanya. Selain itu, sumpet juga menjadi kerajinan tangan dari suku tertua di Bangka Belitung, yaitu Suku Lom. Sumpet dibuat dengan menggunakan tumbuhan pucot yang dapat ditemukan di rawa-rawa.

  • Kain Cual
kain tenun cual khas Belitung by pesona.travel

Seperti halnya batik sebagai ikon di Pulau Jawa, kain Cual pun menjadi ikon Bangka Belitung. Ciri khas dari kain Cual memiliki corak yang warna-warni dengan ukiran yang khas, serta kualitas kainnya yang baik. Kain Cual ini bisa dijadikan sebagai cendera mata dari Bangka Belitung.

Jadi, jangan khawatir pergi ke Bangka Belitung karena mengira tak ada cendera mata yang bisa dijadikan oleh-oleh. Nyatanya, banyak kerajinan tangan khas Belitung yang bisa dijadikan cendera mata untuk oleh-oleh orang terkasih.

(Sekar/Wati)

Leave a Reply

Your email address will not be published.