Lagi di Toraja? Cobain 4 Kuliner Ini

Selain memiliki budaya berupa upacara adat yang unik, Toraja juga memiliki kuliner khasnya yang tak kalah nikmat. Anda bisa mencicipi kuliner khas Toraja saat telah puas melihat budaya dan adat istiadat di sana. Sambil beristirahat sekaligus mengisi perut yang kosong, Anda bisa mencoba beberapa kuliner khas Toraja, di antaranya:

  • Pantollo Pamarrasan
Pantollo Pamarrasan foto by tradisionalindonesianfood

Kuliner ini biasanya dicampur dengan salah satu jenis daging seperti belut, kerbau, ikan bahkan daging babi. Dicampur dengan bumbu lain seperti lombok katokkon dan pari, menjadi kuliner ini semakin nikmat. Untuk menjumpai kuliner ini sangat mudah, dapat Anda temukan di beberapa restoran atau rumah makan lokal.

  • Pokon
pokon toraja. foto by ronaldtadung

Sekilas mirip dengan lontong pada umumnya, pokon memiliki ukuran yang lebih besar. Bahan utama dalam membuat pokon adalah beras ketan hitam yang dicampur dengan parutan kelapa. Beras ketan hitam tersebut kemudian dibungkus menggunakan daun bambu sehingga terciptalah cita rasa yang gurih. Makanan yang satu ini paling cocok disantap bersama segelas teh hangat atau kopi di cuaca hujan atau dingin.

  • Deppa Tori
deppa tori. foto by super adventure

Cemilan ini terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan gula merah dan biji wijen lalu digoreng hingga renyah. Cemilan yang paling sering dibeli oleh para wisatawan ini memiliki rasa yang manis.

  • Palopo
kuliner khas toraja Palopo – foto by sulawesipunya

Kuliner ini terbuat dari tepung sagu yang dilarutkan dengan air panas dan dibentuk bulat. Sekilas memang mirip dengan papeda, bila dilihat dari bahan dasarnya berupa tepung sagu. Namun, biasanya, Palopo dicampurkan dengan bumbu kacang, jagung, dan beberapa lauk lainnya seperti ikan dan daging.

Empat kuliner khas Toraja ini menjadi makanan yang perlu Anda cicipi saat berkunjung ke Toraja. Dengan kenikmatan yang disuguhkan, membuat kuliner khas Toraja ini sangat menggiurkan dan menggugah selera. Perut kenyang dengan kuliner khas tersebut membuat liburan Anda di Toraja pun menjadi sangat memuaskan. (Tin/Yah)

Leave a Reply

Your email address will not be published.