Minum Kopi Ada Seninya? Berikut Budayanya di Setiap Daerah

Indonesia bukan hanya negeri yang menyimpan ragam suku bangsa, bahasa, dan budaya, melainkan juga menyimpan budaya atau tradisi yang diwariskan secara turun temurun. Indonesia diberkati dengan panorama alam dan kesuburan tanah yang menjadikan melimpah ruahnya hasil bumi. Kopi yang merupakan salah satu hasil bumi di tanah Indonesia sebenarnya bukan komoditas asli Indonesia. Sekitar tahun 1696, Belanda yang pertama kali membawa masuk kopi Arabika dari India ke Indonesia. Sejak dulu, budaya “ngopi” di Indonesia akrab dilakukan oleh orang tua sebagai teman obrolan ataupun teman santai di luar rutinitas. Kini, budaya “ngopi” yang identik dengan kalangan tua, mulai ramai digandrungi oleh kalangan remaja dalam aktivitas rutinnya.

Ternyata, meminum kopi bukan hanya sekadar minum, melainkan ada seni dalam menikmatinya. Di Indonesia, cara meminum kopi di setiap daerah memiliki kekhasannya masing-masing, antara lain:

Diminum dengan Gelas Terbalik

kopi walik jogja by twitter

Yogyakarta, lebih tepatnya di Alun-Alun Utara terdapat bangunan Pendopo dengan menghadirkan penyajian kopi yang disajikan secara terbalik atau warga menyebutnya kopi walik. Kopi walik adalah model penyajian kopi dengan membalikkan gelas dengan piring kecil digunakan sebagai alasnya. Tujuan dari membalik gelas adalah supaya panasnya tetap tahan lama.  Cara menikmati kopi walik terbilang unik, yakni dibutuhkan kesabaran dalam menyeruput kopinya.

Kopi dengan Racikan Telur

View this post on Instagram

Kopi talua

A post shared by kopi talua (@kopi_talua) on

Kopi Talua khas Minangkabau ini merupakan racikan kopi berbalur buih yang lembut dengan paduan cita rasa manis gurih yang khas dari kuning telur. Sajian kopi  dengan telur ini dipercaya memiliki banyak khasiat bagi kesehatan para peminumnya. Khasiat tersebut, salah satunya adalah menambah tenaga dan meningkatkan vitalitas kaum pria. Bukan hanya itu, Kopi Talua pun mengandung vitamin dan asam amino dalam kuning telur yang relatif lengkap. Beberapa zat yang ada di kopi tersebut merupakan komponen nutrisi yang diperlukan oleh tubuh, diantaranya kolin, vitamin E, vitamin A, vitamin K2, omega-3, vitamin D dan beta karoten.

Minum Kopi dengan Buah Durian

minum kopi dengan buah durian khas masyarakat sumatera . by travelingyukdotcom

Masyarakat Sumatera memiliki ciri yang khas dalam menikmati kopi, yakni minum kopi dengan hidangan satu biji buah durian yang sudah dihaluskan dengan es menggunakan blender, kemudian halusan durian tersebut dicampurkan ke dalam kopi.

Bagi masyarakat Sumatera, kopi dengan hidangan halusan durian ini dapat menetralisir aroma dari buah durian yang sangat menyengat. Selain itu, dapat memberikan sensasi creamy yang berpadu dengan rasa manis dan asam. Tetapi, bagi orang yang belum terbiasa, kopi durian ini kemungkinan akan menyebabkan sensasi ‘mabuk ringan’. Sensasi ‘mabuk ringan ini’ diakibatkan kandungan kafein di dalam kopi tercampur dengan kandungan alkohol yang berasal dari buah durian.

Jadi, apakah Anda sudah pernah atau malah ingin mencoba menikmati kopi ala daerah-daerah tersebut? Semoga ulasaan ini bisa menjadi referensi Anda dalam menikmati seni meminum kopi. (Dwi/Ita)

Leave a Reply

Your email address will not be published.