PENYAJIAN MAKANAN DARI BATANG BAMBU

Bambu adalah tanaman jenis rumput-rumputan dengan rongga dan ruas di batangnya. Bambu sering kali dimanfaatkan oleh para perajin untuk membuat kerajinan anyaman bambu. Karena anyaman bambu merupakan salah satu jenis dari berbagai macam hasta karya yang ada di Indonesia. Ditambah lagi iklim tropis yang ada di Indonesia sangat mendukung perkembangan tanaman bambu, sehingga ketersedian bahan baku untuk membuat aneka kerajinan dari bambu sangat melimpah.

Selain digunakan sebagai anyaman, bambu juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan atau objek dari penyajian makanan loh. Bentuk penyajian masakan ini terbilang unik dari kekayaan kuliner Indonesia yaitu menyajikan makanan di dalam bambu. Ya, makanan ini dimasak dan disajikan dengan menggunakan bambu. Banyak jenis masakan Nusantara yang memanfaatkan media bambu sebagai alat masak sekaligus tempat penyajiannya.

Salah satu daerah di Indonesia seperti Nusa Tenggara Timur (NTT), banyak sekali menawarkan berbagai olahan khasnya, sebut saja Kolo, yang merupakan makanan berbahan beras. Sebenarnya Kolo adalah sejenis nasi bakar khas Manggarai, NTT, yang dimasak menggunakan bambu.

Dikutip dari laman resmi Pemerintah Provinsi NTT, Kolo dimasak dengan mencampurkan bumbu masakan  ke dalam bambu maka akan memberi rasa pada nasi, sehingga terasa berbeda di lidah. “Untuk bisa menghasilkan nasi bakar atau nasi bambu ini dibutuhkan bahan berupa bambu muda dengan panjang 30cm, beras dan bumbu masakan,” tulis laman tersebut.

Cara memasaknya adalah dengan mencampur beras yang telah dicuci dengan bumbu masakan. Kemudian masukkan beras tersebut ke dalam bambu muda. Sementara ujung lubang bambu ditutup menggunakan daun pisang untuk menjaga beras dan memberikan aroma khas alam. Setelah itu, bakar di atas bara api hingga matang sekira 30 menit. Biasanya Kolo dibuat ketika penduduk setempat mengadakan upacara adat, seperti saat pesta panen atau pergantian tahun. Jadi, jangan lupa mencicipi Kolo ketika liburan Anda di NTT bertepatan dengan kedua momen tersebut. (Elmi/Dyah)

Leave a Reply

Your email address will not be published.