Rayakan HUT ke 74 RI, Jokowi Pakai Baju Adat Bali

Bali merupakan wilayah yang memiliki kekayaan yang sangat besar. Bali yang dikenal dengan julukan pulau dewata ini selain menjadi destinasi wisata bagi turis di seluruh dunia, juga menjadi tempat yang kaya akan budaya. Kebudayaan yang dimiliki oleh masyarakat Bali merupakan salah satu identitas budaya terbesar di Indonesia, salah satunya adalah pakaian adat Bali.

Pada HUT ke-74 RI, Presiden Joko Widodo mengenakan pakaian adat Klungkung asal Bali saat menghadiri upacara ‘Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke-74’, di Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu (14/08).

Presiden Joko Widodo bersama kedua cucunya, Jan Ethes Sri Narendra dan Sedan Mirah dipelataran Istana Merdeka foto by instagram @jokowi
Presiden Joko Widodo bersama kedua cucunya, Jan Ethes Sri Narendra dan Sedan Mirah dipelataran Istana Merdeka foto by instagram @jokowi

Dalam akun Instagram @Jokowi mengajak kedua cucunya Jan Ethes Sri Narendra dan Sedah Mirah ke pelataran Istana Merdeka untuk menyaksikan upacara kemerdekaan.

Pada postingan-nya,  Presiden terlihat mengenakan baju adat Klungkung yang dikenakan Jokowi bermotif hitam, dipadu dengan kain batik sebagai bawahan serta tutup kepala. Sedangkan Jan Ethes mengenakan baju adat berwarna emas, lengkap dengan tutup kepalanya.

Perayaan HUT RI tahun ini, Jokowi mengatakan, tidak ada alasan khusus kenapa ia menggunakan baju adat Bali dalam upacara HUT RI ini. Ia mengaku hanya ingin mengenakan pakaian adat yang berbeda dari tiap daerah dalam berbagai kesempatan. “Kita kan sudah 5 tahun ini sudah ganti-ganti, dulu pernah pake baju adat dari Aceh, Sumatera Barat, pernah Kalimantan Selatan, pernah Sunda, Jawa, Betawi kemudian ke sana Bali, Sasak, Bugis, pernah semua,” ucapnya. (Amanda/Dyah)

Leave a Reply

Your email address will not be published.