Sudah Kenal dengan Budaya Suku Toraja? Ini Ulasannya

Negara Indonesia memiliki kekayaan budaya yang sangat melimpah, termasuk di dalamnya suku bangsa yang sangat beragam. Salah satunya adalah suku Toraja.  Selain memiliki panorama yang indah, suku Toraja juga memiliki budaya yang masih kental dan terus dijaga hingga saat ini.

Suku Toraja merupakan suku lokal yang tinggal di daerah pegunungan bagian utara Sulawesi Selatan. Nama Toraja pertama kali disebutkan oleh suku Bugis Sindereng dan suku Luwu sebagai “To Riaja” dengan arti orang yang mendiami wilayah Barat. Tetapi, ada sumber lain mengatakan bahwa nama Toraja berasal dari kata “To” Tau yang berarti orang, dan “Raya” yang berarti besar dengan makna orang besar atau para bangsawan. Seiring berjalan waktu, nama tersebut dikenal sebagai Toraja dan ditambahkan kata “Tana” yang berarti negeri. Nama tersebut menjadi Tana Toraja.

Kebudayaan dari Suku Toraja by pesonatravel

Seperti suku pada umumnya, suku Toraja juga memiliki kebudayaan lokal yang beragam dalam beberapa upacara penting seperti pernikahan, kematian, dan upacara adat lainnya. Upacara yang terbesar bagi suku ini ialah upacara kematian. Upacara kematian suku Toraja hanya bisa dilakukan oleh keluarga golongan atas. Namun, upacara ini tidak diadakan sesaat setelah seseorang meninggal, upacara bisa berlangsung berbulan-bulan hingga bertahun-tahun. Hal tersebut bermaksud memberikan waktu bagi keluarga yang ditinggalkan untuk mengumpulkan uang dalam menggelar upacara tersebut.

seorang pria menggantikan baju untuk mayat by detiknet

Selain upacara kematian, ada beberapa upacara adat lainnya yang tak kalah unik. Seperti budaya seni berupa tarian, kain, pakaian adat atau rumah. Terlepas dari beragamnya upacara dan budaya seni yang dimilikinya, Toraja juga memiliki tempat wisata hingga kuliner yang tak kalah menarik.

(Andhita/Wati)

Leave a Reply

Your email address will not be published.