Kerajinan topeng ragam kekayaan nusantara

Indonesia dikenal bukan hanya karena keindahan alam yang memukau, melainkan juga dikenal akan ragam budaya dan karya seni, salah satunya adalah kerajinan topeng.

Topeng merupakan salah satu tradisi kesenian yang sudah ada sejak zaman prasejarah. Bukan hanya sekadar benda yang menyerupai bentuk wajah dan terbuat dari kayu saja, topeng ternyata memiliki nilai seni dan nilai sejarah di Indonesia. Adapun aneka topeng yang menyebar di seluruh Indonesia yang sesuai dengan kekhasannya di masing-masing daerah. Sebelumnya, sudah dipaparkan di link https://indonesiancraft.co.id/ragam-craft/ini-dia-aneka-topeng-jawa-yang-wajib-anda-ketahui/. Berikut ini aneka ragam topeng khas Nusantara lainnya, diantaranya:

Topeng Betawi

topeng dari betawi . by: IndonesianCraft

Topeng Betawi ini paling sering digunakan dalam kesenian tari dengan warna dominan merah, kuning, dan hitam. Masyarakat Betawi kerap menggunakan topeng ini, khususnya saat menghadirkan pertunjukkan tari topeng dalam acara khitanan dan perkawinan. Sedangkan dalam hal karakteristik, wajah pada topeng Betawi tidak terlalu banyak ragam hiasnya seperti pada topeng Bali atau topeng Malang, yaitu dengan karakter mata sipit dan cenderung berwajah feminin, kebanyakan topeng didominasi warna putih.

  • Topeng Dayak
Topeng Hudoq by wikipedia

Suku Dayak Kalimantan menggunakan topeng dalam pertunjukkan kesenian Tari Hudoq yang sering dimainkan dalam upacara keagamaan dari kelompok Suku Dayak Bahau dan Modang.  Ciri khas dari topeng Dayak, yaitu berwarna hitam, putih, dan merah yang melambangkan kekuatan alam yang akan membawa air dan melindungi tanaman yang mereka tanam hingga musim panen tiba.

  • Topeng Surakarta
topeng surakarta. foto by tokopedia

Gaya topeng Surakarta hampir sama dengan gaya Yogyakarta, hanya terdapat perbedaan pada kumisnya yang terbuat dari bulu. Tokoh Punakawan Bancak dan Doyok juga mengenakan topeng separuh muka seperti gaya Yogyakarta.

  • Topeng Papua
topeng khas papau by papua art

Suku-suku di Papua memiliki budaya topeng sebagai media komunikasi dengan para leluhur mereka melalui upacara adat. Salah satunya adalah Suku Asmat menggunakan topeng Jipay untuk memperingati atau berhubungan dengan roh leluhurnya melalui upacara adat yang disebut dengan pesta roh atau pesta topeng. Topeng Jipay dirancang untuk menutupi seluruh tubuh kecuali kaki.

  • Topeng Bali
topeng bali. foto by detiktravel
topeng bali by pinterest

Di Bali, topeng digunakan untuk dramatari yang semua pelakunya mengenakan topeng dengan cerita yang bersumber pada cerita sejarah atau dikenal dengan Babad. Salah satu topeng Bali yang sangat terkenal, yakni topeng Barong. Topeng Barong yang asli dibuat dari kayu yang diambil dari tempat-tempat angker, misalnya kuburan. Maka dari itu, topeng Barong terkenal akan mistis. Ciri khas dari topeng ini berwajah seram, bermata besar, serta berambut gondrong dan berukuran besar. Kita bisa melihatnya pada pertunjukan seni khas masyarakat Bali. Bentuknya ada yang berbentuk babi hutan, harimau, ular, atau singa.

Itulah beberapa jenis topeng yang ada di Indonesia. Dapat dilihat, betapa para perajin telah bekerja keras untuk membuat karya seni yang ternyata memiliki misteri di balik topeng tersebut. Itulah salah satu kelebihan yang dimiliki oleh Indonesia, yang selalu melahirkan orang-orang kreatif yang terus melestarikan budaya dan keseniannya. (Zul/Dyah)

Leave a Reply

Your email address will not be published.