Khas, Begini Kerajinan Asal Aceh dan Sulawesi Selatan

Indonesia merupakan negara yang kaya akan keberagaman budaya dan keseniannya. Terbukti dari banyaknya kerajinan tangan yang dihasilkan oleh masyarakat di berbagai penjuru daerah di Indonesia. Setiap masing-masing daerah tentu saja memiliki kerajinan yang khas, tak terkecuali di daerah Aceh dan Sulawesi Selatan.

Aceh

Kota yang mendapat julukan ‘Serambi Mekah’ ini mempunyai beberapa kerajinan tangan yang sangat indah dan menarik. Selain sulaman bordir yang sudah sangat terkenal itu, ada pula kerajinan anyaman yang tidak kalah menarik. Kerajinan anyaman atau dalam bahasa Aceh seuke adalah daun pandan yang sering digunakan sebagai bahan baku dalam membuat kerajinan anyaman.

kerajinan anyaman khas Aceh. by: IndonesianCraft

Sebelumnya, anyaman pandan ini hanya digunakan untuk membuat tikar. Kini, berbagai barang dapat dihasilkan dari anyaman pandan ini, antara lain: aneka tas, sandal, sarung bantal, kursi, tempat tisu, dan lain sebagainya.

berbagai macam anyaman pandan yang dapat dihasilkan seperti Tas dan tempat tissue. by: IndonesianCraft

Sulawesi Selatan

Sulawesi Selatan yang beribu kota Makassar ini memiliki kerajinan tangan yang khas bernama miniatur Tongkonan. Tongkonan adalah rumah adat Toraja dengan bentuk atap menyerupai perahu yang terdiri atas susunan bambu. Miniatur Tongkonan ini diukir dan dibentuk berdasarkan desain asli. Kerajinan tangan ini menjadi cendera mata yang cukup digemari wisatawan, baik lokal maupun asing.

(Tien/Ita)

Leave a Reply

Your email address will not be published.