Benteng Pendem bak Colosseum dari Ambarawa Semarang

Dalam sejarah, Indonesia pernah dijajah Belanda selama 3,5 abad. Dengan rentang waktu yang begitu lama, peninggalan pada zaman Belanda pun banyak tersebar di beberapa daerah. Salah satu daerah yang masih menyimpan peninggalan Belanda adalah Ambarawa. Ambarawa merupakan daerah kecil di Kabupaten Semarang yang terkenal dengan destinasi wisata Museum Kereta Api. Selain dikenal dengan Museum Kereta Api, daerah ini juga memiliki destinasi wisata yang tak kalah pesonanya dengan nuansa kolonial, yakni Benteng Pendem.

Dibangun pada tahun 1834-1845 di bawah kekuasaan Kolonel Hoorn, benteng ini diberi nama Benteng Fort Willem I. Namun, masyarakat menyebutnya Benteng Pendem. Pendem diambil dari bahasa Jawa yang artinya terpendam. Nama ini diberikan oleh masyarakat karena benteng tersebut terpendam di bawah tanah.

Benteng Pendem Ambarawa. foto by jasa angkut semarang

Mulanya, Benteng Pendem ini dibangun sebagai penyimpanan barang-barang logistik. Namun, pada tahun 1937, benteng ini dijadikan penjara bagi anak-anak dan orang dewasa untuk tahanan politik.

Untuk menuju Benteng Pendem, pengunjung bisa melewati Kampung Bugisan yang letaknya tak jauh dari Jalan Jenderal M. Sarbini. Meskipun benteng ini terlihat dekat dari pinggir jalan, nyatanya pengunjung harus melewati jalan kampung yang agak sempit dan berliku untuk tiba ke lokasi.

Saat tiba di depan gerbang Benteng Pendem, pengunjung akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp5.000,00 per orang. Menariknya, saat memasuki benteng ini disuguhkan bangunan berarsitektur yang akan mengingatkan pengunjung dengan bangunan Colosseum di Roma, Italia. Kondisi bangunannya sudah tua, banyak dinding yang sudah lembap dan ditumbuhi semak-semak. Meskipun begitu, bangunan ini sangat digemari oleh para pencinta fotografi karena sangat artistik pada setiap bangunannya, sehingga pengunjung banyak yang mengabadikan momen dengan berswafoto.

Penasaran dengan sejarah dan keindahan arsitektur bangunan ini? Segera datang dan nikmati pesona kolonial ini dengan mengajak keluarga dan kerabat untuk berlibur. Lokasinya pun tak jauh dari Museum Kereta Api Ambarawa dan dekat dengan RSUD Ambarawa. Untuk berkunjung ke Benteng Pendem, pengunjung diharuskan untuk selalu menjaga kebersihan dan tidak merusak bangunan peninggalan bersejarah ini. (Saras/Wati)

Leave a Reply

Your email address will not be published.