Inilah Golden Sunrise, Surganya Bukit Sikunir

‘Negeri di Atas Awan’, begitulah ucapan yang sesuai jika kalian datang ke Bukit Sikunir, Desa Sembungan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah yang mempunyai ketinggian 2.306 mdpl. Bukit ini menjadi salah satu tujuan wisata terbaik se-Asia Tenggara untuk melihat sunrise. Karena di sinilah wisatawan bisa menyaksikan dan menikmati warna jingga keemasan atau ‘golden sunrise’ yang sekaligus juga menyinari gunung berselimut kabut itu. Selain bisa menikmati  sunrise dan gunung, pemandangan rumah penduduk hingga Telaga Cebong pun bisa disaksikan dari puncak Bukit Sikunir yang bisa membuat wisatawan merasa takjub dan kagum.

Dibutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk sampai ke puncak bukit dengan panorama 8 gunung itu. Tak jarang, banyak sejumlah wisatawan yang rela menunggu atau standby sejak subuh untuk bersiap di atas bukit kunir untuk menyambut sunrise. Golden Sunrise Sikunir biasanya menjadi magnet wisatawan untuk mengabadikan momen di media sosial. Rasa lelah terbayar lunas ketika wisatawan sudah berhasil melihat dan mengabadikan indahnya pembiasan warna kuning keemasan yang bersinar.

foto by goodnews indonesia

Saat matahari hampir muncul secara sempurna, kawasan sekitar puncak Bukit Sikunir pun berubah warna seperti air warna kunyit. Inilah yang menurut warga sekitar menjadi cikal bakal penamaan lokasi puncak ini dengan nama kunir yang berarti kunyit.

Sekedar info nih Crafters! Waktu terbaik untuk mengunjungi bukit ini adalah saat musim kemarau atau lebih tepatnya saat bulan Juli hingga Oktober. Karena, dengan memasuki musim  kemarau tersebut, kecantikan golden sunrise yang teramat dinantikan oleh wisatawan itu, kemungkinan besar tidak akan terhalang dengan kabut tebal. Selain itu, gumpalan awan juga bisa terlihat bila tidak ada kabut. Pemandangan ini tentunya akan semakin memanjakan mata dengan melihat sunrise sekaligus hamparan awan yang menakjubkan.

Tidak lengkap rasanya jika berwisata tanpa membawa pulang buah tangan khas dari tempat wisata yang dikunjungi. Di Wonosobo, banyak sekali buah tangan yang bisa Anda bawa untuk keluarga, sahabat, maupun orang terkasih Anda.  Anda bisa mencari oleh-oleh khas Wonosobo langsung ke sentra kerajinan di Wonosobo. Di sana, banyak berbagai macam kerajinan khas Wonosobo yang  tersedia, salah satunya adalah tikar khas daerah Tempurejo. Tikar ini dikenal dengan Mendong yang dibuat dari anyaman dari para perajin dengan aneka warna dan berbagai corak yang sesuai dengan selera Anda. Yuk, liburan ke Bukit Sikunir! Jangan lupa berbelanja oleh-oleh untuk orang tersayang! (Saras/Wati)

Leave a Reply

Your email address will not be published.