Kampung Warna-Warni Jodipan, Indonesia Punya!

Saat Anda diajak ke kawasan perkampungan di pinggar kali, pasti yang ada dibayangan Anda adalah daerah padat dan kumuh. Bayangan Anda tersebut akan ditepis oleh perkampungan yang ada di Kota Malang. Perkampungan tersebut bernama Kampung Jodipan yang berada di Kecamatan Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur. Anda yang merupakan pendatang di Kota Malang dengan menaiki kereta, bisa mengunjungi Kampung Jodipan ini dengan menaiki becak atau jalan kaki yang hanya berjarak sekitar 500 m dari stasiun.

Anak tangga di kampung Jodipan memiliki warna seperti pelangi sehingga tempat ini pastinya keren untuk berfoto. By: ongistravel


Kampung Jodipan ini lebih dikenal dengan kampung warna-warni atau kampung pelangi yang lokasinya tepat di pinggir Kali Brantas. Kampung ini memiliki ratusan rumah penduduk yang telah dicat dengan 17 warna yang cerah. Tidak hanya bagian dinding beserta atap rumah yang dicat, melainkan juga jalanannya turut dicat dengan warna yang mencolok. Ide tersebut datang dari mahasiswa Universitas Negeri Malang (UNM) yang telah menjalani praktikum public realition.
Sebelumnya, kawasan kampung ini merupakan kawasan kampung kumuh. Kini, kawasan ini telah disulap menjadi kampung warna-warni, bahkan menjadi salah satu tempat di Malang yang didatangi ratusan wisatawan di setiap minggunya. Para wisatawan berdatangan ke kampung pelangi untuk mengabadikan momen unik tersebut dengan berfoto di spot-spot foto yang sudah disediakan.


Saat memasuki perkampungan ini, Anda akan disuguhkan hiasan payung warna-warni yang dibiarkan menggantung di lorong depan rumah warga. Selain itu, Anda bisa ber-selfie ria dengan keunikan lukisan 3D, berupa lukisan gorila, ikan hiu, dan lain-lain. Tidak hanya lukisan 3D, Anda juga bisa berselfie di mural sebagai latar selfie anda.


Kampung ini memiliki tanah yang tidak rata, sehingga Anda akan menemukan banya anak tangga di tengah kampung. Anak tangga tersebut memiliki warna seperti pelangi, sehingga tempat ini pastinya keren untuk dijadikan spot berfoto. Ada pula jembatan yang menghubungkan antara kampung warna dengan kampung 3D. Menariknya, jembatan ini merupakan jembatan kaca yang dibuat mirip jembatan gantung. Selain sebagai penghubung, jembatan kaca ini juga bisa dijadikan lokasi untuk berfoto.
Setelah berkeliling kampung pelangi sambil berfoto, pastinya akan merasa lelah. Anda bisa melepaskan penat dengan singgah sambil mengisi tenaga di warung maupun kios makanan yang berada di kampung pelangi tersebut.


Apakah Anda sedang berada atau berencana pergi ke Kota Malang? Jangan lupa berkunjung ke Kampung Jodipan, ya! Nikmati keindahan dan keunikan di kampung pelangi ini karena Anda tidak perlu jauh-jauh lagi ke luar negeri untuk menikmati sensai perkampungan warna-warni. Dengan tiket masuk sekitar Rp2.000,00, Anda pun sudah bisa mendapatkan spot foto yang Instagramable. (Laras/Wati)

Leave a Reply

Your email address will not be published.