Kunjungi Desa Adat Penglipuran Bali

Bali tidak hanya dikenal dengan keindahan alamnya, namun juga dikenal dengan wisata budayanya yang sangat kental. Ada satu desa di Bali yang masih menjaga falsafah kehidupan adat sehingga harus dilestarikan, yaitu Desa Adat Penglipuran Bali. Desa Adat Penglipuran ini juga dinobatkan sebagai salah satu desa terbersih di dunia.

Desa Adat Penglipuran terletak di Kelurahan Kubu, Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli. Desa ini berjarak sekitar 45 kilometer dari Denpasar, dekat dengan Kintamani atau Gunung Batur. Di Desa Penglipuran ini semua tradisi dari leluhur masih dijaga dan dilestarikan oleh seluruh lapisan masyarakat. Hal ini merupakan upaya melestarikan yang dilakukan oleh masyarakat Pulau Bali dikenal sebagai dengan umat Hindu yang religius.

Desa Adat Panglipuran dinobatkan sebagai salah satu desa terbersih di dunia by sarahbeekmans.co.id

Ketika berkunjung ke Desa Adat Penglipuran, Anda akan melihat bersihnya desa ini karena tidak terlihat sampah berserakan. Kondisi ini dibentuk karena tingginya kesadaran masyarakat akan pentingnya kebersihan yang sudah ditanamkan dari leluhur di desa ini. Bahkan, kendaraan bermotor tidak boleh memasuki wilayah desa ini, kendaraan bermotor bisa diletakan di garasi tetapi melalui jalur yang berbeda. Selain itu, Anda juga tidak diperbolehkan merokok sembarangan. Jika ingin merokok, maka harus dilakukan di tempat yang sudah disediakan.

Angkul-Angkul merupakan pintu gerbang di Desa Adat Penglipuran Bali oleh qubicle.id

Anda juga bisa melihat rumah yang memiliki sebuah pintu gerbang yang disebut Angkul-Angkul. Semua rumah di desa ini hampir mirip dengan rumah lainnya yang ada di Desa Adat Penglipuran. Desa Adat Penglipuran ini dapat dikunjungi setiap harinya. Namun, waktu terbaik untuk datang ke tempat ini adalah ketika menjelang Hari Raya Galungan atau setelah Hari Raya Galungan.

Pada hari tersebut, Anda akan melihat barisan penjor atau pohon bambu panjang yang ujungnya dihias dan ditancapkan di setiap depan rumah Desa Penglipuran ini. Selain itu, Anda juga dapat melihat gadis-gadis Bali berpakaian adat Bali dan membawa banten atau persembahan menuju pura.

Gadis Bali berpakaian adat Bali dan membawa banten by pesona.travel

Anda tertarik mengunjungi desa terbersih di dunia ini? Kunjungi Desa Adat Penglipuran sekarang juga!

(Andhita/Wati)

Leave a Reply

Your email address will not be published.