Mini Studio Hollywood di Desa Gamplong, Yogyakarta

Desa Wisata Gamplong yang berada di Dusun Gamplong, Desa Sumber Rahayu, Kecamatan Moyudan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta ini memiliki suasana kolonial yang bisa Anda kunjungi untuk memanjakan mata dan melepas penat dari aktivitas sehari-hari.

Julukan ‘Mini Studio Hollywood’ ini pun disebabkan Desa Wisata Gamplong dijadikan lokasi syuting film ‘Sultan Agung’. Film ini mengambil setting abad ke-16 dan 17, sehingga tempat ini pun diubah menjadi suasana abad ke-16. Lahan seluas 2 hektare tersebut terdapat beberapa bangunan semi permanen, seperti Gerbang Keraton Karta Kerajaan Mataram, Pendopo Alit Keraton Karta, Pendopo Ageng Keraton Karta, Benteng Holandia atau Batavia, Kawasan Kampung Mataram, dan Kampung Pencinan pada masa dahulu.

Spot Foto Bus Gamplong Studio Sleman by wisataoke.com

Setelah selesainya proyek film ‘Sultan Agung’, studio alam ini  akan diserahkan kepada pemerintah daerah untuk menjadi destinasi wisata baru di Sleman. Banyak orang yang penasaran dengan lokasi film ‘Sultan Agung’ dengan mengunjungi tempat tersebut. Para pengunjung juga bisa memanfaatkan gawainya untuk berfoto selfie atau mengabadikan keindahan desa tersebut dengan latar belakang abad ke-16.

kerajinan tenun di desa gamplong by visitingjogja.com

Selain terkenal dengan ‘Mini Studio Hollywood’, Desa Wisata Gamplong juga memiliki sentra kerajinan tenun. Anda bisa melihat secara langsung proses produksi kerajinan tenun menggunakan Alat Tenun Bukan Mesin (ATBM) yang dibuat menjadi kain lurik, stagen, dan berbagai kerajinan tenun lainnya. Para pengunjung juga bisa membeli kain tenun dan merajut kain tenun yang dibeli dari para perajin kain tenun di Gamplong. (Laras/Wati)

Leave a Reply

Your email address will not be published.