Pulau Mursala, Surga Keindahan Air Terjun yang Jatuh ke Laut

Bagi Anda yang menyukai film Hollywood, pasti tidak asing dengan film ‘Kingkong’ pada tahun 2005. Tetapi, tahukah Anda? Ternyata, film ini mengambil lokasi  syuting di Indonesia, loh! Tepatnya di Pulau Mursala, Kabupaten Tapanuli Tengah, Provinsi Sumatera Utara. Pulau ini memiliki keindahan alam yang begitu indah dan unik, salah satunya adalah air terjun yang langsung jatuh ke laut.

Air terjun di Pulau Mursala memiliki ketinggian sekitar 35 meter.  Dikarenakan letak air terjun ini berhadapan langsung dengan Samudera Hindia, maka aliran air terjun ini langsung masuk ke laut. Aliran air terjun Pulau Mursala berasal dari aliran sungai terpendek di dunia, dengan lebar sekitar 400 meter, dan panjang 700 meter. Air terjun ini mengalir melalui batuan granit yang berada di tebing pulau, dan meluncur dengan suara gemuruh yang masuk ke dalam area laut, sehingga menciptakan pemandangan yang memesona.

Air Terjun Mursala menjadi salah satu lokasi Film Hollywood Kingkong tahun 2005 by IndonesianCraft

Selain air terjun Pulau Mursala, masih ada beberapa tempat wisata yang wajib dikunjungi. Dengan potensi wisata yang menarik, Kepala Dinas Pariwisata Tapanuli Tengah , Rahmad Jambak mengharapkan Tapanuli Tengah menjadi daerah menarik bagi wisatawan.

“Ya, wisatawan domestik dan wisatawan asing, kita akan terus berbenah menjadi daerah yang kaya dengan destinasi wisata. Ke depannya, Tapteng akan menjadi daerah pilihan menarik bagi wisatawan untuk berlibur, memanjakan diri, serta menjadi daerah wisata edukasi bernilai sejarah, seni dan budaya,” ujar Rahmad.

menggunakan pakaian dari kain ulos di Ari Terjun Mursala by Indonesiancraft

Tapanuli Tengah pun memiliki kerajinan yang sudah dikenal oleh masyarakat Indonesia, bahkan pasar internasional berupa Kain Tenun Ulos. Selain fungsinya sebagai penghias pakaian pada pergelaran adat, ternyata juga digunakan sebagai simbolisasi masyarakat Batak untuk menjalankan berbagai upacara dan tradisi adat. Dikenal dengan Kain Tenun Ulos, Tapanuli Tengah juga memiliki kerajinan yang lain seperti, ukiran kayu, kerang, hingga produk garment di pesisir Pantai Pandan.  (Sekar/Wati)

Leave a Reply

Your email address will not be published.