Rammang-Rammang, Pesona Sulawesi Selatan yang Unik dan Menawan

Selain memiliki banyak gunung berapi yang sewaktu-waktu akan meletus, ternyata Indonesia juga memiliki salah satu pegunungan kapur terbesar di dunia, yakni Rammang-Rammang. Terletak di Desa Salenrang, Kecamatan Bontoa, Kabupaten Maros, Provinsi Sulawesi Selatan, pegunungan ini menyuguhkan lukisan alam dengan paduan langit biru dan awan putih yang di bawahnya terdapat karst atau batu kapur yang ditumbuhi pepohonan yang rimbun dan rindang.

Dengan keindahan itulah, Rammang-Rammang tercatat sebagai pegunungan karst terluas ketiga di dunia yang mencapai 45.000 hektar, setelah Tsingy di Madagaskar dan Shilin di Cina. Bahkan, UNESCO juga telah memberikan pengakuan kepada Rammang-Rammang sebagai World Heritage Site.

Untuk melihat pesona Rammang-Rammang, disarankan untuk berkunjung seusai Subuh, saat sunrise akan muncul. Dari balik pegunungan karst itulah, matahari akan muncul dengan indahnya. Untuk bisa sampai di tempat ini, Anda bisa menempuh perjalanan sekitar 2 (dua) jam menggunakan motor.

Pesona Pegunungan Kapur Rammang Rammang Sulawesi Selatan by travellingyuk

Setelah tiba di Rammang-Rammang, Anda bisa langsung menyewa kapal untuk berkeliling melalui Sungai Pute. Di sungai ini, Anda dapat mengunjungi tanaman hutan batu kapur yang diantaranya, Telaga Bidadari, Gua Bulu ‘Barakka’, Gua Telapak Tangan, Gua Pasaung, dan Kampung Berua. Namun, Anda harus mengeluarkan gocek untuk menyewa perahu dengan harga yang berbeda, dimulai dari Rp200.000 hingga Rp300.000 per perahu dalam sekali sewa.

Berkeliling melalui Sungai Pute by jelong-jelong.id

Saat berkunjung ke gua-gua yang ada di Rammang-Rammang, Anda akan menemukan banyak fosil yang menjadi bagian peninggalan sejarah manusia purba di Sulawesi Selatan.

Anda juga akan menemukan hal unik lainnya saat tiba mengunjungi permukiman utama Tanah Rammang-Rammang, yaitu Kampung Berua. Selain menghadirkan pemandangan yang memesona, kampung ini juga dikenal dengan budaya setempat yang khas. Meskipun tidak berada di kawasan gunung berapi yang memiliki tanah gembur dari abu vulkanik, justru sebagian penduduk kampung ini memilih berprofesi sebagai petani. Di sawah yang menjadi tempat untuk tani ini, Anda bisa melihat Batu Kingkong. Disebut Batu Kingkong karena mirip dengan wajah orang utan atau kingkong.

Penginapan di Maros by tripadvisor.com

Untuk Anda yang menyukai dunia fotografi, Rammang-Rammang bisa menjadi objek foto yang Instagramable. Sebab, Rammang-Rammang mampu menyajikan wisata yang lengkap dengan keindahan yang sangat menawan.

Ketika Anda sedang berada di Makassar atau Sulawesi Selatan, sempatkan mampir, ya! Dengan pemandangan yang memesona dan tempat wisata yang unik, akan membuat Anda semakin terkesan dengan Rammang-Rammang. (Sekar/Wati)

Leave a Reply

Your email address will not be published.