Kampus Shopee Wujudkan Komitmen Dukung UMKM

Shopee​​ merupakan perusahaan e-commerce terdepan di kawasan Asia Tenggara dan Taiwan. Dalam aktivitasnya, perusahaan marketplace ini tidak hanya berorientasi bisnis tetapi juga melakukan kegiatan sosial berupa program pelatihan dan pendampingan, serta studi banding.  Untuk itu, Shopee mendirikan “Kampus Shopee Indonesia” dengan investasi Rp100 miliar. Kampus ini merupakan bagian dari perwujudan komitmen Shopee dalam mendukung perkembangan pengusaha lokal di Indonesia.

Tahun lalu, Shopee melaksanakan program ​“Seller Exchange”, yang dilakukan dalam rangka mendukung pemerintah meningkatkan komitmen, untuk membawa serta pertumbuhan UKM di Indonesia. Salah satu kegiatan yang dilakukan adalah dalam bentuk kerja sama antara ​“Kampus Shopee Indonesia” dan “​Shopee University Thailand”​​ di tahun lalu. Sebagai bagian dari program ini, para pelaku UKM terbaik di Indonesia diberangkatkan ke Thailand selama tiga hari, untuk mendapatkan pengetahuan bisnis online dan bertukar pengalaman praktik bisnis terbaik dengan sesama pelaku UKM Thailand. ​

dalam bentuk program pelatihan dan pendampingan, serta studi banding. Shopee mendirikan Kampus Shopee Indonesia. by: ShopeeIndonesia

Kerja sama yang digelar di Kota Bangkok ini melihat potensi pertumbuhan UKM yang sangat besar, baik di Thailand maupun di Indonesia, yang juga memiliki peranan penting dalam menggerakkan bisnis e-commerce. Program ini dilaksanakan sebagai bentuk komitmen nyata untuk mendukung para pelaku UKM Shopee, dengan memberikan pengalaman melihat secara langsung pasar ritel dan aktivitas para penjual online di Thailand. ‘Negeri Gajah Putih’ pun dipilih karena memiliki perilaku konsumen yang serupa dengan perilaku konsumen di Indonesia.

Selama program ini, para peserta memiliki kesempatan untuk mempelajari persamaan dan perbedaan lingkup e-commerce di pasar Asia Tenggara, dan bertukar tips, serta cerita inspiratif mengenai bisnis mereka dengan sesama penjual. Ini juga sejalan dengan komitmen Shopee yang berkelanjutan dalam mendukung visi pemerintah terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

Shopee juga menggelar pelatihan di berbagai kota di Indonesia. by Shopee Indonesia

Program sosial lainnya yang dilakukan Shopee, yaitu pada bulan Maret 2019 lalu, bersinergi dengan DILo Jogja melakukan kegiatan pelatihan dengan tema “Pelatihan UKM Memasarkan Produk Melalui Platform Digital” di Jogja Digital Valley. Pelatihan ini dimaksudkan agar produk dengan kualitas baik yang dimiliki UMKM bisa merambah akses pasar yang luas.

Selain itu, Shopee juga menggelar pelatihan di berbagai kota di Indonesia. Shopee bekerja sama dengan pemerintah, seperti Kementerian Pembangunan Desa Tertinggal, Kementerian Koperasi dan UKM, dan sebagainya. Demikian pula, dengan lembaga-lembaga terkait pemerintah seperti Smesco Indonesia, Dekranasda, dan sebagainya. (Tien/Tata)

Leave a Reply

Your email address will not be published.